31 Oktober 2009

Bidang Lomba

Bidang Lomba

Bahasa Inggris

Materi Lomba : Debat Bahasa Inggris

Deskripsi Soal :

International TOEIC : Setiap peserta diwajibkan mengikuti tes TOEIC secara individual. Tes berlangsung selama 2 jam (120 menit), dengan rincian 75 menit untuk Listening Section dan 45 menit untuk Reading Section, tanpa istirahat. Listening Section terdiri dari Photograph/Pictures, Question and Response, Short Conversation, dan Short Talk. Reading Section terdiri dari Completion, Error Recognition, dan Reading Comprehension. Tes TOEIC hasilnya tidak diperhitungkan dalam kejuaraan.

Debat Bahasa Inggris : Setiap tim debat tampil selama + 30 menit, sehingga setiap pertandingan berlangsung selama 60 menit. Babak Penyisihan menggunakan sistem setengah kompetisi, untuk diambil 8 (delapan) regu. Selanjutnya kedelapan regu dipertandingkan dengan Sistem Gugur. Format debat menggunakan Format Debat Parlemen Australasia satu babak, yang menghadapkan dua tim: Tim Afirmatif dan Tim Negatif yang masing-masing berusaha meyakinkan Tim Adjudikator (Dewan Juri). Masing-masing tim menampilkan 3 pembicara utama (substantial speech) @ 7 menit dan 1 pembicara balasan (reply speech) @ 5 menit.

Kejuaraan ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri yang akan menilai aspek-aspek berikut : Aspek materi dengan bobot 40 %, yang meliputi unsur-unsur logika argumentasi dan relevansi argumen dengan topik. Aspek metode dengan bobot 40 %, yang meliputi struktur dan urutan pidato. Aspek Sikap dengan bobot 20 %, yang meliputi cara berbicara di hadapan publik dan cara presentasi kasus.

Topik-topik untuk lomba debat diberikan setengah jam sebelum lomba dengan cara ditentukan berdasarkan peringkat pilihan masing-masing tim. Berikut ini topik-topik yang dikembangkan dari 6 tema aktual yang bahannya bisa dikembangkan dari media masa cetak maupun elektronik (surat kabar, radio, TV, internet, dll.) :

Globalization : That English is the most important tool in globalization, That MTV is corrupting our youth, That we should follow the West.

Youth : That we should get married young, That “pacaran” motivates our study, That boy bands are not art.

Technology Changing : That internet marginalize tradition, That we should give no mercy to piracy, That technology is a time bomb.

World of Work : That we would put affirmative action toward vocational school’s graduates, That women should give equal rights in the working fields, That workers’ demonstration is the best way to get sufficient income.

Tour and Tourism : That tourism exploits our culture, That Bali is the only destination, That we should follow Las Vegas.

Social : That students involved in a brawl (tawuran) should be sent to prison, That we should give death penalty to drug dealers, That we would eliminate school uniform.

Soal Praktik

Sesuai Deskripsi

Daftar perlengkapan yang harus dibawa sendiri oleh peserta :

*

Membawa ATK : Ballpoint, Pensil 2B, penghapus, Buku Tulis/Buku Catatan, dll
*

Pakaian bebas sopan, berdasi.
*

Foto hitam putih ukuran 3 x 4 cm 2 lembar
*

Pakaian: bebas berdasi (tidak mencantumkan identitas propinsi atau SMK)
*

Topik-topik untuk lomba debat diberikan setengah jam sebelum lomba dengan cara ditentukan berdasarkan peringkat pilihan masing-masing tim. Berikut ini topik-topik yang dikembangkan dari 6 tema aktual yang bahannya bisa dikembangkan dari media masa cetak maupun elektronik (surat kabar, radio, TV, internet, dll.):

1) Globalization

· That English is the most important tool in globalization.

· That MTV is corrupting our youth.

· That we should follow the West.

2) Youth

· That we should get married young.

· That “pacaran” motivates our study.

· That boy bands are not art.

3) Technology Changing

· That internet marginalize tradition.

· That we should give no mercy to piracy.

· That technology is a time bomb.

4) World of Work

· That we would put affirmative action toward vocational school’s graduates.

· That women should give equal rights in the working fields.

· That workers’ demonstration is the best way to get sufficient income.

5) Tour and Tourism

· That tourism exploits our culture.

· That Bali is the only destination.

· That we should follow Las Vegas.

6) Social

· That students involved in a brawl (tawuran) should be sent to prison.

· That we should give death penalty to drug dealers.

· That we would eliminate school uniform.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar